I. Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban yang disediakan.
Soal : | |
1. Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan : | |
| a. berhitung, bilangan, geometri dan pengukuran dan pengolahan data. |
| b. Warga Negara yang cerdas, terampil, sehat, kreatif dan bertanggung jawab. |
| c. berpikir logis, sistematis, kritis, kreatif dan inovatif serta karakter building. |
| d. berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama |
2. Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dimaksudkan untuk: | |
| a. mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah. |
| b. mengkomunikasikan ide atau gagasan. |
| c. Pedoman dan standar keberhasil guru dalam mengajarkan konsep-konsep matematika. |
| d. mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain. |
3. Keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya merupakan kemampuan siswa dalam pendekatan…. | |
| a. inquiry. |
| b. Pemecahan masalah. |
| c. Contextual teaching and learning. |
| d. Pembelajaran matematika realistik |
4. Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan …. | |
| a. sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. |
| b. Mengomunikasikan gagasan dengan efektif dalam kontek kehidupan nyata. |
| c. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika dengan bilangan yang mudah dipahami orang lain. |
| d. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep bilangan, geometri dan pengukuran, dan pengolahan data. |
5. Tarik ke arah kanan kemudian tarik ke bawah dengan menyudut ke kiri adalah teknik menuliskan lambang bilangan di kelas I SD ketika mereka baru belajar matematika yaitu: | |
| a. 2. c. 7 |
| b. 4. d. 9 |
6. Peraga di atas dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas 1 SD pada topik… | |
| a. Membilang banyak benda. |
| b. Mengurutkan banyak benda |
| c. Menbandingkan banyak benda |
| d. Menuliskan lambing >, < dan = |
7. Pecahan merupakan konsep bilangan mulai diajarkan di SD kelas …. | |
| a. 2. c. 4 |
| b. 3. d. 5 |
8. Barisan 2,4,6,8,10,12 …n urutan barisan bilangan ke 100 dari pola di atas adalah …. | |
| a. 100. c. 200 |
| b. 102. d. 202 |
9. Berapakah Jumlah dari 1 + 3 + 5 ….+ 99 | |
| a. 198. c. 2500 |
| b. 5050. d. 10.000 |
10. Untuk mengalikan 43 oleh 92 dapat dilakukan dengan cara: 1 92 2 184 4 368 8 736 16 1472 32 2944 Hasil dari 43 x 92 merupakan penjumlahan dari metode lipat dua …. | |
| a. 1,2,8,32 c. 1,4,8,32 |
| b. 1,2,4,8,16 d. 1,2,4,8,16,32 |
11. Untuk melengkapi tanda operasi hitung campuran pada 4...2...1 = 4 secara berurutan titik-titik diisi dengan ....: | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. + dan +. c. x dan + | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. + dan -. d. x dan (-) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12. Perpangkatan 922 dapat dilakukan dengan cara: | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. (84 x 100) + (8 x 8). | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. (84 x 100) + 8. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| c. (92 x 100) – (8 x 8). | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| d. (92 x 100) – (8 x 100). | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13. Kalender bulan September tahun 2011 sebagai berikut :
Nenek meninggal pada tanggal 15 September 2011. Jika ayah akan mengadakan tahlilan kematian nenek yang ke seribu jatuh pada hari... | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. Selasa. c. Kamis | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. Rabu. d. Jumat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14. Dalam penelitiannya bu Meti membagi siswa SD Mekar Sari ke dalam 4 kelompok seperti di bawah ini:
Jika SD Mekar Sari memiliki murid sebanyak 562 maka siswa terakhir berada pada kelompok.... | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| a. MERAH. c. BIRU | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| b. KUNING. d. HIJAU |
15. Pada konsep akar kuadrat bu Susi memberikan 5 soal pada anak kelas 5 SD sebagai berikut: √144 √196 √250 √1369 √2000 Soal yang dibuat oleh bu Susi yang tidak layak diberikan pada siswa SD kelas 5 adalah nomor: | |
| a. 1 dan 3. c. 3 dan 5 |
| b. 2 dan 4. d. 3, 4 dan 5 |
16. Jika 12 dan 92 memiliki satuan 1 22 dan 82 memiliki satuan 4 32 dan 72 memiliki satuan 9 42 dan 62 memiliki satuan 6 52 memiliki satuan 5 Maka √5329 = ..... | |
| a. 63. c. 73 |
| b. 69. d. 79 |
17. Jika 1 x 9 + 2 = 11 12 x 9 + 3 = 111 123 x 9 + 4 = 1111 Maka 12345678 x 9 + 9 = | |
| a. 111111. c. 11111111 |
| b. 1111111. d. 111111111 |
|
19. Jika 111 x 9 = 999 222 x 9 = 1998 333 x 9 = 2997 Maka 5555555555 x 9 = …. | |
| a. 499999999995. c. 599999999994 |
| b. 49999999995. d. 59999999994 |
20. Ali dan Budi bermain tebak-tebakan sebagai berikut :
Angka yang disembunyikan budi adalah… | ||||||||||||
| a. 1 c. 3 | |||||||||||
| b. 2 d. 4 | |||||||||||
21. Untuk mengecat dinding rumah pak Agus dilakukan oleh Bedu selama 5 hari, sedangkan Bagong sanggup menyelesaikan dalam waktu 3 hari. Berapa lama apabila dilakukan oleh Bedu dan Bagong, Jika satu hari mereka bekerja selama 8 jam | ||||||||||||
| a. 8 hari. c. 2 hari | |||||||||||
| b. 4 hari. d. 15 jam |
22. Untuk merayakan ulang tahun Alice, ibu menyediakan 50 kue lemper, 100 kue bolu kukus, 25 potong kue tar. Kue-kue itu akan dimasukan kedalam dus kecil. Agar jumlah kue dalam setiap dus sama, berapa kue yang ada dalam setiap dus? | |
| a. 1 lemper, 1 bolu kukus, 1 kue tar. b. 1 lemper, 2 bolu kukus, 2 kue tar c. 2 lemper, 3 bolu kukus, 2 kue tar |
| d. 2 lemper, 4 bolu kukus, 1 kue tar |
23. Pak Harun memasang lampu hias berwarna merah, kuning, hijau. Jika lampu hijau berkedip setiap 2 detik, lampu kuning 3 detik, dan lampu merah 4 detik. Pada pukul 07:10:15 ketiga lampu berkedip bersamaan. Pada pukul berapa lampu berkedip bersamaan berikutnya? | |
| a. 07:10:19. c. 07:10:27 |
| b. 07:10:25. d. 07:10:30 |
24. Ibu membeli 3 apel dan 4 jeruk dengan membayar uang Rp. 12.000,00. Bibi membeli 4 apel dan 2 jeruk membayar uang Rp. 11.000,00. Berapa harga apel dan harga jeruk? Untuk menjawab soal di atas. Ibu guru kelas IV membagikan model apel dan model jeruk serta fotocopy uang kertas kepada kelompok siswa untuk diperagakan sehingga diperoleh jawaban yang benar. Pendekatan pembelajaran yang dilaksanakan adalah : … | |
| a. Ctl. c. RME |
| b. Inquiry . d. Pakem |
|
26. Pada pembelajaran mengurutkan benda di kelas 1 SD, Bu Susi memberikan sejumlah kubus dari kayu dengan ukuran yang berbeda. Bu Susi meminta siswa untuk membuat tumpukan kubus mulai dari yang terbesar hingga terkecil ke atas dengan waktu 2 menit. Hasil kerja siswa tampak pada tabel beikut :
Rata-rata siswa mampu menumpuk kubus 6,75. Berapa banyak siswa yang mampu menumpuk kubus sebanyak 8 buah. | |||||||||||||
| a. 5. c. 7 | ||||||||||||
| b. 6. d. 8 |
27. Pada pembelajaran pengukuran berat di kelas IV SD, Siswa melakukan penimbangan beberapa buah-buahan. Hasil timbangan sekelompok anak tampak pada tabel berikut:
Dari tabel di atas, kesimpulan yang benar adalah: | |||||||||||
| a. Berat mangga = berat jeruk + apel | ||||||||||
| b. Berat mangga = berat alpukat | ||||||||||
| c. Berat alpukat = berat 2 jeruk | ||||||||||
| d. Mangga adalah buah-buahan paling berat. |
28. Garis bilangan di atas dapat memperagakan konsep Matematika: | |
| a. 2 x 5 = 10 |
| b. 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 10 |
| c. 5 x 2 = 10 |
| d. 10 – 2 – 2 – 2 – 2 - 2 |
29. Pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran kolaboratif. Belajar dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil sehingga kemampuan sosial dan komunikasi berkembang merupakan ciri pembelajaran : | |
| a. inquiry |
| b. modelling |
| c. learning community |
| d. Autentic Assesment |
30.
berpengaruh penting dalam perkembangan teori pembelajaran Matematika. Bahwa pembelajaran Matematika meliputi : | |||
| a. merumuskan masalah, melakukan observasi, analisis data, kemudian mengomunikasikan hasilnya | ||
| b. tahap Symbolic Econic dan Enactive c. Sensory Motor , Pre Operasional, Kongkrit Operasional, Berpikir Formal, d. I hear and I forget, I see and I remember, I do and I understand |
II. ESSAY
- Jelaskan karakteristik mata pelajaran Matematika SD menurut kurikulum 2006.!
- Perhatikan gambar lingkaran di bawah.
AB= 3 cm. BE = 2 cm.
ABCD adalah persegi panjang.
Berapa panjang BD?
- Umur ibu berbanding umur ayah 6 : 7. lima tahun lagi jumlah umur mereka 75 berapa umur ibu dan umur ayah sekarang ?
- Buatlah rancangan media pembelajaran Matematika dengan urutan sbb. (Bila perlu lengkapi dengan gambar)
- Nama Media :
- Fungsi/ kegunaan Media :
- Alat dan bahan :
- Cara Membuat :
- Cara Menggunakannya :
- Kompetensi Dasar matematika di kelas IV SD semester 2 berbunyi Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan.
Buatlah Langkah-langkah KBM meliputi kegiatan awal, inti dan akhir untuk KD di atas. (gunakan pendekatan tertentu yang Anda pilih misal ctl, inquiry, pemecahan masalah, cooperative learning, atau pakem)
---------- SELAMAT BEKERJA -----
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Keanggotaan Rp. 300.000,-
Suport System
Bonus Sponsor : Rp. 100.000,-
Bonus Grup : Rp. 30.000,-
Untuk 1 grup : 10 anggota
Bonus Anda : Rp. 100.000 + (10 x Rp. 30.000) = Rp. 400.000,-