Laman

adnet

  • buku

Selasa, 08 Februari 2011

Proposal peningkatan kegiatan KKG

Proposal
peningkatan kegiatan KKG Matematika
DALAM RANGKA PEMANFAATAN BLOCKGRANT











KELOMPOK KERJA GURU
GUGUS VI
KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG
PROVINSI BANTEN
2009


LEMBAR PENGESAHAN

















































BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Upaya peningkatan mutu pendidikan terus dilakukan. Dikeluarkannya PP 19  tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan adalah sebagai bentuk upaya ke arah peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan pada intinya adalah peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Untuk itu perlu diawali dengan meningkatkan profesionalitas guru. Pemerintah melalui Dirjend Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) berkonsentrasi meningkatkan kualitas guru dengan memfokuskan pada wadah profesi guru Kelompok Kerja Guru (KKG)/MGMP, KKKS, KKPS, MKS dan MKKPS.
Untuk meningkatkan profesionalitas guru perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan secara terstruktur. Salah satu upaya yang dianggap efektif adalah pembinaan-pembinaan profesi secara berkelanjutan melalui wadah Kelompok Kerja Guru (KKG). Pembinaan guru melalui wadah KKG ini dipandang sangat efektif, sebab di dalamnya akan tercipta kegiatan-kegiatan positif tentang pengelolaan pembelajaran. Melalui kegiatan tersebut, guru dapat berdiskusi dan bereksplorasi tentang berbagai permasalahan dalam lingkup yang sama, yakni pengembangan pembelajaran di kelas yang dihadapinya sehingga kecenderungan adanya peningkatan profesionalitas guru akan lebih nyata dan bermanfaat. Karena itulah, revitalisasi forum KKG dipandang sangat strategis untuk mendorong para guru secara berkelanjutan meningkatkan profesionalisme dan kesiapannya dalam pembelajaran.  
Upaya peningkatan kualitas pembelajaran harus dimulai dari refleksi guru terhadap kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran. Temuan-temuan guru selanjutnya dilakukan penelitian tindakan di kelasnya. Akhirnya guru dapat menuliskan permasalahan dan pemecahannya dalam bentuk laporan tindakan kelas untuk menentukan arah dan kebijakan dalam pembaharuan pembelajaran. Wadah KKG dipandang tepat yang dapat mewadahi semua kegiatan guru.
Untuk mengelola kegiatan KKG seperti yang diharapkan diperlukan adanya program yang terstruktur, dana yang cukup, serta sarana dan prasarana yang memadai. Konsekuensi logis dari upaya revitalisasi forum KKG adalah perlu adanya dukungan dana. Berkaitan dengan dana, sampai saat ini KKG belum memiliki sumber tetap yang dialokasikan secara rutin untuk pengembangan kegiatan.
Berkaitan dengan hal itu, perlu kiranya kami mengajukan permohonan dana Block Grand pada PPPPTK atau ................................ (instansi lain*). Dana tersebut dimaksudkan sebagai stimulan agar kegiatan KKG berjalan sebagaimana mestinya. Tanpa dukungan Dana Block Grand yang memadai, kegiatan KKG tidak dapat berjalan dengan baik yang berdampak pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran tidak dapat berjalan dengan baik. 


B.     Tujuan
Tujuan merupakan sebuah pijakan yang akan dicapai dari sebuah rencana yang diprogramkan. Proposal ini bertujuan untuk mendapatkan dana block grand dari .................................Adapun tujuan pokok dari penggunaan dana block grant dalam pengembangan KKG agar guru SD:
1.      Meningkatkan wawasan dalam penelitian tindakan kelas.
2.      memiliki kemampuana melakukan penelitian tindakan kelas.
3.      Mampu menulis laporan penelitian tindakan kelas.

C.     Sasaran
Sebuah kegiatan yang dilaksanakan hendaknya memiliki sasaran yang jelas agar pelaksanaanya lebih terarah dan tepat guna. Adapun yang menjadi sasaran program pengembangan profesi guru adalah guru kelas VI yang ada di gugus XVI Kecamatan Selebar Kota Bengkulu sebanyak 10 orang.

D.    Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan program pengembangan profesi guru ini adalah agar guru memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas dan menyusun karya tulis ilmiah dalam bentuk laporan penelitian tindakan kelas.

E.     Manfaat
1.      Bagi guru, dapat meningkatkan wawasan dalam melakukan dan  menulis laporan penelitian tindakan kelas.
2.      Bagi sekolah, memiliki guru yang profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standar nasional pendidikan dan kinerja sekolah.
3.      Bagi KKG, memiliki peluang untuk memberdayakan guru-guru di sekolah untuk senantiasa jeli terhadap permasalahan pembelajaran yang dihadapinya dan mampu menemukan pilihan perbaikan pembelajaran.



BAB II
RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN


A.     Jenis Program, Tujuan, dan Kegiatan
Jenis program yang akan dilaksanakan adalah Peningkatan Profesi Guru melalui penelitian tindakan kelas dalam mata pelajaran Matematika.
Adapun jenis program, tujuan, dan kegiatan disajikan dalam tabel di bawah ini :
No
Jenis Program
Lingkup Materi
Tujuan/Sasaran
Kegiatan

1.



Pengetahuan PTK

- Prosedur PTK

Meningkatkan wawasan guru dalam penelitian tindakan kelas.

Workshop

2.

Proposal PTK

Kerangka Proposal PTK

Guru Mampu menyusun Proposal PTK

menyusun Proposal PTK
3.
Pelaksanaan PTK
Prosedur Pelaksanaan PTK
Guru memiliki kemampuana melakukan penelitian tindakan kelas
melakukan penelitian tindakan kelas

4.

Laporan PTK

Kerangka Laporan PTK

Guru memiliki kemampuan menulis laporan penelitian tindakan kelas

Menulis laporan penelitian tindakan kelas

B.     Rencana Anggaran
Untuk melaksanakan kegiatan sebagaimana disebutkan di atas diperlukan dana yang berasal dari Dana Block Grant.

C.  Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan pengembangan Profesi guru matematika Sekolah Dasar di KKG Matematika Gugus Sekolah dapat menyesuaikan.



















BAB III
PENUTUP

Salah satu pengembangan profesi guru adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu, guru perlu dibekali wawasan dan pengetahuan tentang PTK, menyusun proposal, melaksanakan dan menulis laporan PTK. Kegiatan ini akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan demikian dipandang perlu adanya kegiatan tersebut dalam wadah KKG.
 Berdasarkan rencana kegiatan tersebut kami berharap agar dapat memenuhi kriteria yang dipersyaratkan untuk penerimaan bantuan dana blockgrant dari PPPPTK Matematika Yogyakarta ...........................*) sehingga kegiatan KKG  Matematika dapat berkesinambungan dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu mata pelajaran Matematika.
                                                              
   Yogyakarta,   14  Nopember  2008
Kelompok  III
Baban Sopandi, S.Pd (Cianjur)
  1. Hujaeni, S.Pd  (Serang)
Bakhtiar Ananta K S.Pd (Pandegelang)
Sukadi S.Pd (Kediri)
Fatimah Hanum ,S.Pd (Bengkulu)
Suprapti, S.Pd (Ponorogo)

1 komentar:

Keanggotaan Rp. 300.000,-
Suport System

Bonus Sponsor : Rp. 100.000,-
Bonus Grup : Rp. 30.000,-
Untuk 1 grup : 10 anggota
Bonus Anda : Rp. 100.000 + (10 x Rp. 30.000) = Rp. 400.000,-