Laman

adnet

  • buku

Selasa, 08 Februari 2011

DESKRIPSI MATA KULIAH PROGRAM S 1 PGSD


DESKRIPSI MATA KULIAH PROGRAM S 1 PGSD

1.            MKDU4105/Pendidikan Kewarganegaraan
Mata kuliah ini membahas tentang wawasan nusantara, ketahanaan nasional, politik dan strategi hankamnas, serta sistem pertahanan keamanan rakyat sementara (sishankamrata).
2.            MKDU4201/Pendidikan Agama Islam
Mata kuliah ini membahas materi pengetahuan yang berkenaan ajaran agama islam
3.            PDGK4304/Bahasa Inggris untuk Guru SD
Mata kuliah ini membahas present continous tense, countable and uncountable nouns, degree of comparation adjective, preposition of direction, simple past tens, present perfect tense, and future tense.
4.            PDGK4305/Keterampilan Menulis
Mata kuliah ini membahas konsep menulis dan kaitannya dengan penalaran, kalimat efektif, serta perencanaan dan pengembangan berbagai ragam karangan.
5.            IDIK4007/Metode Penelitian
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai landasan dan prosedur penyusunan proposal; desain penelitian, berbagai cara penarikan sampel, dan pengembangan instrumen penelitian; pentingnya kaitan antara masalah penelitian, tujuan penelitian , hipotesisi, dan analisis data,; proses dan berbagai aspek pengumpulan data; dan kaidah serta strategi penulisan laporan penelitian dan berbagai cara utuk meningkatkan kualitas penelitian beserta manfaatnya baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun pengambilan keputusan.
6.            IDIK4008/Penelitian Tindakan Kelas
Mata kuliah ini terdiri dari pokok bahasan hakikat penelitian tindakan kelas, langkah-langkah penelitian tindakan kelas, perencanaan penelitian, pelaksanaan perbaikan dalam pembelajaran, analisis hasil penelitian tindakan kelas, serta penulisan laporan penelitian tindakan kelas.
7.            PEMA4210/Statistika Pendidikan
Mata kuliah ini berisi tentang peluang, penyajian data, berbagai distribusi, uji hipotesis, analisis variansi, koelas, dan regresi.
8.            PKNI4317/Hak Asasi Manusia/HAM
Materi hak asasi manusia meliputi sejarah/perkembangan hak asasi manusia, praktik hak asasi manusia di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, serta peranan lembaga internasional dan teori tentang hak asasi manusia itu sendiri.
9.            PDGK4402/Penulisan Karya Ilmiah
Mata kuliah ini menjelaskan topik-topik yang berhubungan dengan hakikat dan berbagai model pembelajaran terpadu yang sesuai dengan karakteristik siswa SD. Selain itu secara mandiri dan juga terbimbing disaat tutorial, mahasiswa dapat memperagakan berbagai komponen keterampilan dasar mengajar yang sangat sering digunakan pada saat mengelola pembelajaran terpadu, serta berlatih menulis soal yang digolongkan dalam bentuk evaluasi proses dan hasil belajar pada pembelajaran terpadu serta mensimulasikan beberapa model pembelajaran terpadu. Mata kuliah ini mengharuskan
 mahasiswa melakukan kegiatan praktik mengaplikasikan model pembelajaran terpadu dikelasnya sendiri. Kelulusan mata kuliah ini akan diukur melalui kegiatan Ujian Akhir Semester dengan bentuk soal objektif, serta kegiatan praktik yang dinilai oleh supervisor/teman sejawat.
10.        PEBI4223/Pendidikan Lingkungan Hidup
Materi mata kuliah ini meliputi pengetahuan tentang lingkungan hidup, etika lingkungan dan asas-asas lingkungan .
11.        PDGK4101/Keterampilan Berbahasa Indonesia SD
Mata kuliah ini membekali mahasiswa sebagai guru SD dengan wawasan dan kemampuan menggunakan empat aspek keterampilan berbahasa. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa mengkaji konsep-konsep dasar menyimak, berbicara, membaca dan menulis, serta berdiskusi dan berlatih dan memperaktikan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
12.        PDGK4102/Konsep Dasar IPS
Mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah Konsep Dasar IPS, sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik dan pemerintahan, dan psikologi sosial, serta keterkaitan antara bidang satu dan lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan model-model pembelajaran konsep dasar IPS sesuai dengan tuntutan kurikulum dan perkembangan peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam pelaksanaan tugas sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPA terpadu.
13.        PDGK4103/Konsep Dasar IPA di SD
Mata kuliah ini menerapkan konsep dasar IPA dalam pembelajaran di SD. Pengetahuan yang diberikan untuk menunjang kemampuan tersebut meliputi makhluk hidup, pengukuran, kinematika dan dinamika; sifat termal zat; gelombang dan bunyi; kelistrikan dan kemagnetan; bumi dan alam semesta.
14.        PDGK4106/ Pendidikan IPS di SD
Mata kuliah ini membahas beberapa pokok bahasan, antara lain perkembangan kurikulum pendidikan IPS SD, esensi kurikulum IPS SD 1994 untuk kelas 3-6, isu dan masalah sosial budaya dalam pembelajaran IPS, pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran IPS SD, metode dan media serta pemanfaatan sumber belajar IPS kelas 3-6, serta evaluasi pembelajaran IPS SD.
15.        PDGK4107/Pratikum IPA di SD
Mata kuliah ini berisi tentang panduan pratikum IPA di SD untuk topik-topik yang terdiri atas pratikum makhluk hidup, hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya, makanan, mekanika, kator, gelombang, optik, listrik, magnet, serta bumi dan alam semesta. Mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk menerapkan konsep-konsep dasar IPA pada kegiatan pratikum. Selain mampu menerapkan konsep, mahasiswa juga dituntut untuk dapat merangkai alat pratikum, mengamati dan mencatat hasil percobaan, menyajikan, serta menyimpulkan hasil percobaan.
16.        PDGK4108/Matematika
Mata kuliah ini membahas materi tentang konsep-konsep logika matematika; penalaran dan sistem matematika; persamaan dan pertidaksamaan kuadrat; himpunan, relasi, dan fungsi; purmutasi, kombinasi, dan peluang; aritmatika sosial; penyusunan, pengumpulan, dan penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram; ukuran pemusatan data, ukuran letak data, dan ukuran penyebaran data; pemecahan masalah dalam matematika; serta transformasi, kekongruenan, dan kesebangunan untuk menyelesaikan soal-soal matematika dan kehidupan sehari-hari.
17.        PDGK4109/Bahasa dan Sastra Indonesia di SD
Mata Kuliah ini membekali mahasiswa sebagai guru SD dengan wawasan dan kemampuan menerapkan kaidah-kaidah bahasa dan sastra Indonesia. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji konsep-konsep dasar bahasa dan sastra Indonesia, serta berdiskusi dan berlatih menerapkan kaidah bahasa dan sastra Indonesia dan mengapresiasi karya sastra Indonesia dalam berbagai bentuk. Untuk mendukung pencapaian kemampuan tersebut, disediakan bahan ajar dalam bentuk Buku Materi Pokok, audio, video, dan media pembelajaran berbasis komputer (CAI). Penguasaan kompetensi mahasiswa dinilai melalui tes tertulis, tugas, dan ujian praktik.
18.        PDGK4201/Pembelajaran PKn di SD
Mata kuliah ini membahas dan mengkaji berbagai hal yang berkaitan dengan hakikat, fungsi, dan tujuan, serta ruang lingkup; karakteristik PKn sebagai pendidikan nilai dan moral; menggambarkan keterkaitan PKn dan IPS SD/MI dan mata pelajaran lain; materi dan prinsip kepribadian nasional, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air; materi HAM; materi penegakan hukum di Indonesia; materi demokrasi dan pendidikan demokrasi; konsep, nilai, moral, dan norma dengan negara, sesama warga negara dan bela negara; model pembelajaran PKn SD berbasis portofolio; karakteristik WNI dalam konteks pluralisti, serta prosedur dan alat evaluasi dalam PKn Sd berbasis portofolio.
19.        PDGK4202/Pembelajaran IPA di SD
Mata kuliah ini membahas penerapan teori belajar, metode dan pendekatan, keterampilan proses, mendesaindan memanfaatkan alat bantu, sain terintegrasi, evaluasi, dan telaah kurikulum untuk pembelajaran sain di SD.
20.        PDGK4203/Pendidikan Matematika I
Mata kuliah ini menjelaskan hakikat anak didik dalam pembelajaran matematika di SD; teori-teori belajar matematika dalam pembelajaran matematika di SD; hakikat matematika; model-model pembelajaran matematika di SD; bilangan cacah, kesalahan konsep yang biasa ditemukan, serta pembelajarannya di SD; bilangan romawi, kesalahan konsep yang biasa ditemukan, serta pembelajarannya di SD; KPK dan FPB, , kesalahan konsep yang biasa ditemukan, serta pembelajarannya di SD; pecahan, pecahan desimal, persen, dan perbandingan, kesalahan konsep yang biasa ditemukan, serta pembelajarannya di SD. Mata kuliah ini dilengkapi dengan tutorial tatap muka sebagai bantuan belajar bagi mahasiswa selain mahasiswa harus belajar sendiri.
21.        PDGK4204/Pendidikan Bahasa Indonesia di SD
Mata kuliah ini membahas hal-hal yang berkenaan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SD meliputi hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa, teori pemerolehan bahasa, hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, hakikat membaca-menulis permulaan, telaah kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia SD, telaah buku teks mata pelajaran bahasa Indonesia, dan pengelolaan pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
22.        PDGK4206/Pendidikan Matematika II
Mata kuliah ini membahas pembelajaran matematika di SD, yang meliputi bangun datar , bangun ruang, simetri, pengukuran, matematika sosial, dan statistika.
23.        PDGK4207/Pendidikan Seni di SD
Pembahasan mata kuliah ini terfokus pada konsep, dasar-dasar, dan pembelajaran seni dan keterampilan kerajinan di SD, sebagai dasar bagi guru kelas SD dalam melaksanakan pembelajaran dengan prinsip ‘pendidikan melalui seni’. Cakupan mata kuliah ini meliputi konsep pendidikan seni dan kerajinan tangan, dasar-dasar pengetahuan, keterampilan berkarya seni dan kerajinan tangan, apresiasi seni dan kerajinan tangan, pembelajaran seni dan kerajinan tangan, serta tata laksana pergelaran dan pameran hasil karya seni dan kerajinan tangan di SD.

24.        PDGK4208/Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Mata kuliah ini mengkaji keterampilan, sikap, dan nilai yang bertalian dengan pengembangan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SD yang terdiri atas praktik proses pendidikan melalui aktivitas jasmani terpilih; atletik, senam, permainan bola besar dan kasti, permainan sepak bola dan voli, permainan tenis meja dan bulutangkis, permainan pencak silat dan renang, serta prinsip-prinsip evaluasi dalam pembelajaran di SD.
25.        PDGK4303/Perspektif Global
Mata kuliah ini memberikan pemahamankonsep dan prinsip mengenai kebudayaan, ruang dan waktu, kontivitas dan perubahan, interaksi sosial serta kelangkaan, produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. Mata kuliah ini juga mengkaji interaksi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, kehidupan beragama, serta perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global. Berlatih memanfaatkan peta, atlas, globe, data, dan informasi, dan media massa dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan sosial kultural secara kritis, kreatif, dan produktif dalam kehuidupan sehari-hari. Selain itu dibahas pula persiapan diri, bersifat adaptif, tetapi kritis dan kreatif terhadap lingkungan sekitar guna memelihara dan memanfaatkan sumber daya alam serta mengembangkan kehidupan yang damai dan harmonis dalam kebhinnekaan. Berlatih berperan sebagai individu warga masyarakat yang kritis  dan kreatif melalui berbagai simulasi dan pelibatan sosial dalam menangani masalah-masalah sosial dalam kehidupan.
26.        PDGK4401/Materi dan Pembelajaran PKn SD
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru Sd untuk mampu mengajarkan PKn berlandaskan pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan.
27.        PDGK4405/Materi dan Pembelajaran IPS SD
Mata kuliah ini membahas paradigma baru dalam pendidikan IPS serta menyajikan model-model pembelajaran dalam pendidikan IPS. Topik inti mata kuliah ini terdiri dari paradigma baru pendidikan IPS; perubahan dan konflik sosial; manusia dan lingkungan; individu, kelompok, dan kelembagaan; waktu perubahan, dan kebudayaan; produksi, distribusi, konsumsi, dan ekonomi kerakyatan; kekuasaan, pemerintahan, dan desentralisasi pendidikan; pendekatan science, technology, dan society dalam pembelajaran IPS; serta model interaktif dan sumber pembelajaran dalam pendidikan IPS.
28.        PDGK4406/Pembelajaran Matematika SD
Mata kuliah ini membahas bebagai model pembelajaran matematika yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dan memuat materi dan metode pembelajaran tentang bilangan; bangun ruang dan unsur-unsurnya; luas dan volume bangun ruang; aplikasi-aplikasi materi tersebut dalam matematika atau kehidupan sehari-hari; sistem koordinat; geometri transformasi; bilangan berpangkat dan logaritma. Selain belajar mandiri, mahasiswa diharapkan mengikuti kegiatan tutorial tatap muka dan mengerjakan tugas tutorial yang diberikan, karena nilai tugas tutorial tersebut akan mempengaruhi nilai keseluruhan mata kuliah selain nilai Ujian Akhir Semester yang ditempuh mahasiswa.
29.        PDGK4503/Materi dan Pembelajaran IPA SD
Mata kuliah ini terdiri dari 9 model yang meliputi materi IPA, pembelajaran IPA, dan kecenderungan pembelajaran IPA. Materi IPA meliputi kependudukan dan pencemaran lingkungan, fluida, adaptasi dan evolusi, penurunan sifat, pengenalan senyawa organik dan biokimia, bioteknologi sebagai teknologi alternatif untuk masa depan, serta dasar-dasar elektronika. Pembelajaran IPA meliputi pendekatan konstruktivisme, prakonsepsi (children science), pembelajaran interaktif, siklus belajar, pembelajaran terpadu, dan children learning in science. Pembelajaran IPA juga memperkenalkan pendekatan STM dan SETS dalam IPA.
30.        PDGK4504/Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
Mata kuliah ini membahas dasar-dasar linguistik Indonesia, karya sastra Indonesia, penyusunan kamus sederhana, serta prinsip dan model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
31.        PDGK4104/Perspektif Pendidikan SD
Mata kuliah ini menjelaskan sistem pendidikan di SD, hakekat siswa SD, aspek-aspek perkembangan siswa di SD, kebutuhan siswa belajar siswa di SD, hakekat profesi guru di SD, profil kompetensi guru, peranan guru dalam pembelajaran di SD, organisasi profesi guru SD, berbagai peningkatan dan pembinaan profesi guru SD, hakekat kurikulum SD, bentuk dan komponen-komponen kurikulum di SD, perkembangan penerapan kurikulum SD di Indonesia, berbagai bentuk dan organisasi materi dan bahan ajar di SD, strategi penyampaian materi dan bahan ajar di SD, hakekat pembelajaran di SD, prinsip perencanaan dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa, prinsip perencanaan dan pelaksanaan evaluasi program pembelajaran dan kegiatan tindak lanjut perbaikan pembelajaran. Untuk mengukur penguasaan kompetensi diatas, di akhir semester mahasiswa harus menempuh Ujian Akhir Semester dengan alat ukurnya berupa tes objektif. Selama menempuh mata kuliah ini, kegiatan belajar yang harus dilakukan mahasiswa meliputi belajar mandiri dengan menggunakan buku materi pokok yang didalamnya terdapat latihan dan tes formatif yang dapat dikerjakan secara mandiri.
32.        PDGK4105/Strategi Pembelajaran di SD
Materi mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan wawasan dan kemampuan mengelola pembelajaran di SD. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mata kuliah ini membahas berbagai aspek mengenai strategi pembelajaran serta berlatih menerapkannya, yang meliputi hakikat strategi pembelajaran, karakteristik pembelajaran di SD, model mengajar, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar dan media pembelajaran, serta penerapan katerampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, serta disiplin kelas dalam pembelajaran di SD.
33.         PDGK4205/Pembelajaran Terpadu di SD
Mata kuliah ini menjelaskan sistem pendidikan di SD, hakekat siswa SD, aspek-aspek perkembangan siswa di SD, kebutuhan belajar siswa di SD, hakekat profesi guru di SD, profil kompetensi guru, peranan guru dalam pembelajaran di SD, organisasi profesi guru SD, berbagai peningkatan dan pembinaan profesi guru SD, hakekat kurikulum SD, bentuk dan kompnen-komponen kurikulum di SD, perkembangan penerapan kurikulum SD di Indonesia, berbagai bentuk dan organisasi materi dan bahan ajar di SD, strategi penyampaian materi dan bahan ajar di SD, hakekat pembelajaran di SD, prinsip perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di SD, prinsip perencanaan dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa, prinsip perencanaan dan pelaksanaan evaluasi program pembelajaran dan kegiatan tindak lanjut perbaikan pembelajaran. Untuk mengukur penguasaan kompetensi diatas, di akhir semester mahasiswa harus menempuh Ujian Akhir Semester dengan alat ukurnya berupa tes objektif. Selama menempuh mata kuliah ini, kegiatan belajar yang harus dilakukan mahasiswa meliputi belajar mandiri dengan menggunakan buku materi pokok yang didalamnya terdapat latihan dan tes formatif yang dapat dikerjakan secara mandiri.
34.        PDGK4209/Pemanfaatan Kemampuan Mengajar
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan melakukan unjuk kerja pembelajaran lima bidang studi berdasarkan landasan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji kaitan kegiatan dalam sistem pembelajaran serta rambu-rambu perencanaan dan melaksanakan pembelajaran, berlatih membuat rencana pembelajaran, praktik pelaksanaan pembelajaran, berlatih menilai sendiri rencana dan pelaksanaan pembelajaran, serta berlatih mamanfaatkan hasil penilaian untuk memperbaiki rencana dan pelaksanaan pembelajaran.
35.        PDGK4301/Evaluasi Pembelajaran di SD
Mata kuliah ini menjelaskan berbagai aspek evaluasi pembelajaran yang mencakup konsep dasar tes dan non-tes, pengukuran, asesmen, dan penilaian; jenis dan fungsi penilaian dalam pembelajaran; pengembangan alat ukur tes dan non-tes; pengolahan dan interpretasidata hasil pengukuran; kualitas alat ukur; dan pemberian nilai serta tindak lanjut hasil penelitian. Penguasaan materi mata kuliah ini akan diukur melalui tugas tutorial tatap muka serta ujian akhir semester. Selain belajar mandiri, mahasiswa diharapkan untuk mengikuti kegiatan tutorial tatap muka sebagai bantuan belajar yang disediakan.
36.        PDGK4302/Pembelajaran Kelas Rangkap
Mata kuliah ini menjelaskan hakekat Pembelajaran Kelas Rangkap; menjelaskan beberapa contoh penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap; menjelaskan beberapa keterampilan dasar mengajar serta strategi yang sesuai untuk Pembelajaran Kelas Rangkap; menyusun Rancangan Pembelajaran Kelas Rangkap; serta dapat mempraktikan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam situasi nyata. Penguasaan kompetensi tersebut akan diukur melalui tugas tutorial, kegiatan praktik, dan UjianAkhir Semester (UAS) dengan menggunakan bentuk tes objektif. Mata kuliah ini dilengkapi dengan layanan bantuan belajar berupa tutorial tatap muka.
37.        MKDK4001/Pengantar Pendidikan
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat manusia dan pendidikan, landasan pendidikan, lingkungan pendidikan, sejarah pendidikan di Indonesia, macam-macam aliran pendidikan sejak zaman klasik, aliran pokok pendidikan di Indonesia, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional, serta inovasi pendidikan.
38.        PDGK4306/Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai bentuk pembelajaran berwawasan kemasyarakatan dengan mempelajari materi tentang pemikiran tokoh pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, ruang lingkup kebudayaan dalam pendidikan, sistem pendidikan nasional dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, konsep dasar pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, pembelajaran multikuluturan, muatan life skills dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan model-model pembelajaran sosial, etika dan moral sebagai acuan dalam pembelajaran. Selain itu, diberikan pula praktik keaksaraan, taman bacaan masyarakat, dan kepemudaan.
39.        MKDK4002/Perkembangan Peserta Didik
Mata kuliah ini membahas: 1) hakikat pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik, dan perbedaan individual (fisik, intelek, emosi, sosial, bahasa, bakat khusus, nilai, moral, dan sikap) anak usia Sekolah Dasar, anak usia Sekolah Menengah dan orang dewasa; 2) kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik (SD, Sekolah Menengah, dan orang dewasa); serta 3) implikasi kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik dalam penyelanggaraan pendidikan.
40.        MKDK4005/Profesi Keguruan
Mata kuliah ini membahas topik-topik yang berkaitan dengan pembentukan wawasan kependidikan bagi seorang pengajar. Topik-topik tersebut meliputi peran guru dalam administrasi pendiikan, penyikapan tugas dan refleksi profesional, kode etik keguruan, serta organisasi profesional keguruan.
41.        MKDK4404/Pengantar Pendidikan Luar Biasa
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menerapkan berbagai teori belajar dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Untuk menguasai kemampuan tersebut, mahasiswa dituntut untuk mengkaji dan berlatih menerapkan berbagai teori belajar dalam pembelajaran. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup hakikat belajar, berbagai teori belajar seperti behavioristik, kognitif, dan sosial, serta implikasiya terhadap pembelajaran, kecerdasan ganda (multiple intelegences), dan pendekatan kontruktivisme. Keberhasilan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah ini akan diukur melalui Ujian Akhir Semester dengan menggunakan bentu tes objektif.
42.        PDGK4403/Pendidikan Anak di SD
Mata kuiah ini membahas tentang hakikat pendidikan SD, perkembangan siswa SD dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, proses belajar siswa SD, konvensi hak-hak anak dan implikasinya pada pembelajaran di SD, serta bimbingan konseling di SD untuk mengembangkan potensi anak secara optimal.
43.        PDGK4404/Pengantar Pendidikan Luar Biasa
Mata kuliah ini menggambarkan secara umum hakikat keluarbiasaan serta karakteristik dan kebutuhan pendidikan bagi anak luar biasa.
44.        PDGK4502/Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD
Pembahasan mata kuliah ini terfokus pada kerangka teoristik pegembangan kurikulum dan penerapannya dalam merancang pembelajaran. Topik-topik yang dibahas meliputi hakiat kurikulum, pengembangan kurikulum, profil kurikulum SD, proses dan produk pengembangan kurikulum, serta pengembangan rencana pembelajaran.
45.        IDIK4010/Komputer dan Media Pembelajaran
Cakupan mata kuliah ini adalah tentang pengetahuan dasar komputer dan aplikasinya, serta peranan, perancangan, dan pemanfaatan beberapa jenis media dalam pembelajaran yang terdiri dari media cetak, media OHP, media display, media audio-video, media berbasis komputer, dan lingkungan sebagai pusat sumber belajar.
46.        PDGK4505/Pembahasan dalam Pembelajaran di SD
Mata kuliah ini merupakan pengayaan bagi guru agar mampu menjalankan tugasnya sebagai guru dengan baik. Penekanan mata kuliah ini adalah pada contoh-contoh aplikatif yang ditunjang teori yang relevan dengan topik seperti pengertian inovasi pendidikan serta ruang lingkupnya. Selanjutnya, strategi pengembangan program pembelajaran inovatif dan penerapannya di sekolah (kelas), strategi penerapan program inovatif di kelas, serta hambatan dalam pelaksanaan dan cara mengatasi hambatan tersebut
47.        IDIK4012/Manajemen Berbasisi Sekolah
Pembahasan mata kuliah ini terfokus pada konsep manajemen mutu dan produktivitas SD yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan dalam rangka terwujudnya sekolah yang berkemampuan unggul dengan pendekatan model manajemen berbasis sekolah.
48.        PDGK4501/Pemanfaatn Kemampuan Profesional
Pembahasan mata kuliah ini terfokus pada konsep manajemen mutu dan produktivitas SD yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan dalam rangka terwujudnya sekolah yang berkemampuan unggul dengan pendekatan model manajemen berbasis sekolah.
49.        PDGK4500/Pembuatan Skripsi
Pembahasan mata kuliah ini terfokus pada konsep tata cara penulisan dalam pembuatan skripsi yang baik dan benar.







Tabel 3
Struktur Kurikulum

1 komentar:

  1. Pak.. maaf apakah bapak menjual modul 4503?? Kalau iyah.. saya berminat pak.. butuh buku itu. Semoga bapak bisa mmbantu saya. Trims.

    BalasHapus

Keanggotaan Rp. 300.000,-
Suport System

Bonus Sponsor : Rp. 100.000,-
Bonus Grup : Rp. 30.000,-
Untuk 1 grup : 10 anggota
Bonus Anda : Rp. 100.000 + (10 x Rp. 30.000) = Rp. 400.000,-