Laman

adnet

  • buku

Selasa, 08 Februari 2011

RPP IPS SD pak enjen


                                 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah                  : SDN Pangkalan 6
Mata Pelajaran                 : IPS
Kompetensi Dasar           : Peran anggota keluarga. 
Kelas / Semester             : 2 / 1
W a k t u                           : 2 X 30 menit.
A.           Tujuan Pembelajaran
1.        Melalui tanya jawab tentang pengertian keluarga, siswa dapat menyebutkan pengertian keluarga secara sederhana.
2.        Melalui bagan silsilah keluarga, siswa dapat melengkapi identitas anggota keluarga berdasarkan bagan.
3.        Melalui cerita pengalaman, siswa dapat menceritakan pengalaman sebagai anggota keluarga dalam melaksanakan tugas dan kewajiban di rumah.
4.        Melalui deskripsi masalah, siswa dapat menjelaskan aturan-aturan yang berlaku di keluarga.
5.        Melalui cerita pengalaman, siswa dapat menjelaskan tatakrama yang ada di lingkungan keluarga.
B.          Kegiatan Belajar Mengajar
1.        Materi Pelajaran
§            Pengertian keluarga secara sederhana
§            Cerita tentang pengalaman siswa sebagai anggota keluarga
§            Silsilah keluarga mulai dari kakek, nenek sampai siswa yang bersangkutan
§            Daftar tugas sehari-hari siswa di rumah
§            Hak dan kewajiban anggota keluarga yang disepakati guru dan siswa dasar pengamatan
§            Pekerjaan orang tua
§            Tatakrama keluarga yang berlaku dilingkungan keluarga masing-masing diinventarisasikan
2.        Alat dan Sumber      : buku paket, buku pelengkap.
3.        Langkah Kegiatan    :
a.       Kegiatan awal     : 5 menit
Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
Appersepsi dengan melakukan tanya jawab tentang energi.
Siswa dimotivasi untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan  dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan inti      : 40 menit
§        Tanya jawab tentang pengertian keluarga secara sederhana.
§        Siswa melengkapi identitas anggota keluarga berdasarkan bagan.
§        Siswa menceritakan pengalaman sebagai anggota keluarga dalam melaksanakan tugas dan kewajiban di rumah.
§        Siswa  menjelaskan aturan-aturan yang berlaku di keluarga.
§        Siswa  menjelaskan tatakrama yang ada di lingkungan keluarga.
c.   Kegiatan akhir    : 15 menit
1)         Menutup pelajaran.
2)         Memberi evaluasi
3)         Memberi saran.
C.          Evaluasi
1.   Prosedur   : tes akhir.
2.   Jenis tes    : tulisan.
3.   Bentuk tes : Soal Tes
4.   Soal tes     :
1.          Keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan .....
2.          Ayah dari ibumu adalah .....
3.          Mencari nafkah adalah tugas dari seorang .....
4.          Kita harus mematuhi .............
5.          Sebelum berangkat sekolah, kalian harus mengucapkan .....
Kunci Jawaban
1.      anak.
2.      kakek.
3.      ayah.
4.      kedua orang tua.
5.      salam.
                                

                                                                                               

Mengetahui,                                                                          Sobang, 2 Agustus 2009
Kepala Sekolah                                                                   Guru Pratikan




Haryanto                                                                             Ruyati Warnasari
NIP. 195109271978031001                                               NIM. 0709915

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah            : SDN Pangkalan 6
Mata Pelajaran                 : IPS
Standar Kompetensi        : Peranan tokoh pejuang dan   masyarakat dalam mempersiapkan dan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

Kelas / Semester             : 5/ 1
W a k t u                           : 2 X 35 menit.
A.     Tujuan Pembelajaran
1.            Melalui penerapan teknik pembelajaran kooperatif teknik STAD siswa dapat Mendeskripsikan latarbelakang Kemerdekaan Indonesia.
2.            Melalui penerapan teknik pembelajaran kooperatif teknik (STAD), siswa dapat mendeskripsikan persiapan proklamasi kemerdekaan.
3.            Melalui penerapan teknik pembelajaran kooperatif teknik (STAD), siswa dapat mendeskripsikan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
B.    Kegiatan Belajar Mengajar
1.            Materi Pelajaran
§              Persiapan Proklamasi Kemerdekaan.
§              Proklamasi Keerdekaan Indonesia

2.          Alat dan Sumber     : buku paket, buku pelengkap. Karrtu soal.
3.          Metode                    : ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok.           
4.          Langkah Kegiatan   :
a.         Kegiatan awal                : 10 menit
Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
Appersepsi dengan melakukan tanya jawab tentang Proklamasi Kemerdekaan.
Siswa dimotivasi untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan  dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
b.        Kegiatan inti                 : 45 menit
1)   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan metode pembelajaran yang akan diterapkan, memotivasi siswa agar siap dengan pelajaran yang akan diajarkan, kemudian diikuti dengan penyajian informasi tentang Proklamasi Kemerdekaan yang meliputi persiapan kemerdekaan Indonesia dan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. 
2)   Siswa dikelompokkan ke dalam tim-tim belajar. Tim tersusun dari empat siswa atau tidak boleh lebih dari 5.
3)  Siswa di dalam kelompoknya membaca teks bacaan sampai memahami materi pelajaran.
4)  Membentuk turnamen. Turnamen tersusun dari pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan konten yang dirancang untuk mengetes pemahaman siswa yang diperoleh dari presentasi kelompok dan kerja tim.
5)  Guru menghargai tim yang menang. Penghargaan Tim dilakukan setelah usai turnamen.
c.   Kegiatan akhir    : 15 menit
1)            Menutup pelajaran.
2)            Memberi saran.
C.    Evaluasi
1)     Prosedur   : Proses tes.
2)      Jenis tes    : tulisan.
3)      Bentuk tes : Soal Tes
4)      Soal tes     :
1)     Kota Jepang yang dijatuhi bom Atom oleh sekutu adalah . . . . .
2)     Perdana Menteri Jepang yang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia adalah . . . . .
3)     Peristiwa Rengas Dengklok terjadi pada tanggal . . . . .
4)     Teks Proklamasi dirumuskan di rumah Kepala Perwakilan AL Jepang yang bernama . . . . .
5)     Tokoh yang membuat konsep teks proklamasi adalah . . . .
6)     Naskah Proklamasi diketik oleh  . . . . .
7)     Yang mengusulkan teks proklamasi ditandatangani oleh Soekarno-Hatta adalah . . . 
8)     Pembacaan teks proklamasi dilakukan pada tanggal . . . .
9)     Pembacaan teks proklamasi dilakukan di  jalan . . . .
10)Yang diakui sebagai tokoh proklamator Indonesia adalah . . . .
Kunci Jawaban
1.                  Hirosima dan Nagasaki
2.                  Marsekal Terauchi
3.                  16 Agustus 1945
4.                  Laksaman Maeda
5.                  Ir. Soekarno
6.                  Sayuti Melik
7.                  Sukarni
8.                  17 Agustus 1945
9.                  Jl. Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta
10.             Ir. Soekarno dan Moh. Hatta

                                                                                                Sobang, 1 Oktober 2009
Mengetahui,                                                                             
Kepala Sekolah                                                                          Guru Pratikan



Haryanto                                                                                  Ruyati Warnasari
NIP. 195109271978031001                                                   NIM. 0709915




























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah                    : SDN Pangkalan 6
Mata Pelajaran                   : IPS
Kompetensi Dasar             : 2.2. Menghargai jasa dan peranan tokoh  perjuangan dalam mempersiapkan   kemerdekaan Indonesia
Kelas / Semester               : V / 1
W a k t u                             : 2 X 35 menit.

A.           Tujuan Pembelajaran
1.            Melalui model pembelajaran TGT, siswa dapat menceritakan peranan tokoh dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan benar.
2.            Melalui model pembelajaran TGT, siswa mampu menceritakan peristiwa sebelum  proklamasi kemerdekaan.
3.            Melalui model pembelajaran TGT, siswa mampu menjelaskan peranan BPUPKI dan PPKI dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
4.            Melalui model pembelajaran TGT, siswa mampu menjelaskan cara-cara menghargai jasa tokoh  dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

B.          Kegiatan Belajar Mengajar
1.            Materi Pelajaran
a.       Tokoh proklamasi kemerdekaan.
b.      Peristiwa sebelum proklamasi kemerdekaan.
c.      Peranan BPUPKI dan PPKI
d.      Menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
2.            Model          :           Pembelajaran kooperatif teknik TGT.
3.            Alat dan Sumber     : LKS, buku paket, buku pelengkap.
4.            Langkah Kegiatan   :
a.       Kegiatan awal    : 5 menit
§        Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
§        Appersepsi dengan melakukan tanya jawab hasil dari pelajaran yang lalu.
§        Siswa dimotivasi untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan.
b.      Kegiatan inti     : 50 menit
§        Presentasi Kelas. Pada kegiatan ini guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan metode pembelajaran yang akan diterapkan, memotivasi siswa agar siap dengan pelajaran yang akan diajarkan, kemudian diikuti dengan penyajian informasi.
§        Kerja Tim. Setelah presentasi kelas, guru mengelompokkan siswa ke dalam tim-tim belajar. Tim tersusun dari empat siswa atau tidak boleh lebih dari 5.
§        Turnamen. Turnamen tersusun dari pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan konten yang dirancang untuk mengetes pengetahuan siswa yang diperoleh dari presentasi kelas dan kerja tim. Permainan dimainkan pada meja-meja yang berisi perwakilan tim dari setiap kelompok yang berkemampuan sama (misalnya meja 1 berisi siswa berkemampuan tinggi, meja 2 berisi siswa dengan kemampuan rata-rata, dan meja 3 siswa dengan kemampuan rendah). Guru berperan dalam menentukan siswa yang akan ditempatkan ke dalam setiap meja permainan dengan melihat hasil kinerja siswa yang telah lalu. Dalam mengumumkan penempatan meja kepada siswa, sebut meja itu misalnya dengan meja biru, hijau, dsb, dalam urutan acak sehingga siswa tidak akan mengetahui secara persis bagaimana meja-meja itu disusun peringkatnya. Permainan ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang diberi nomor dan disajikan pada lembar pertanyaan. Untuk memulai permainan, masing-masing siswa dalam sebuah meja turnamen mengambil sebuah kartu untuk menentukan pembaca pertama, yaitu siswa yang mengambil kartu dengan nomor tertinggi. Permainan berlangsung menurut arah jarum jam dari pembaca pertama.
§        Poin Individu. Setiap siswa dapat menyumbang poin maksimum kepada timnya dalam sistem penskoran.
§        Penghargaan Tim. Setelah setiap kuis terlaksana, guru mengumumkan skor perbaikan individual dan skor tim dan menghadiahkan  penghargaan kepada tim yang memperoleh skor tinggi dengan sebutan-sebutan tertentu.
c.      Kegiatan akhir   : 15 menit
§        Menutup pelajaran.
§        Mengerjakan evaluasi.

C.          Evaluasi
1        Prosedur   : proses tes, dan tes akhir.
2         Jenis tes    : Tulisan.
3         Bentuk tes : Essay.
4         Soal tes     :
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar.
1.      BPUPKI diketuai oleh ……
2.      BPUPKI membentuk beberapa panitia. Panitia perancang UUD diketuai oleh …..
3.      Ir. Soekarno sebagai ketua panitia Sembilan bertugas merumuskan rancangan …..
4.      BPUPKI dalam bahasa Jepang disebut ………..
5.      Mohamad Yamin dalam pidatonya tanggal 29 Mei 1945 merumuskan lima rumusan yang disebut ……
6.      Sila Ketuhanan Yang Maha Esa rumusan Ir Soekarno pada siding BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 pada sila ke ….
7.      Hasil kerja panitia Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 menghasilkan …..
8.      Jepang menyerah kepada Sekutu pada tanggal ……
9.      Kemerdekaan Republik Indonesia berkat perjuangan para tokoh terdahulu. Sikap bangsa Indonesia harus ……. Kemerdekaan Republik Indonesia.
10.       Bangsa yang besar adalah bangsa yang …..
Kunci Jawaban :
1.      Dr. Radjiman Wodyodiningrat
2.      Ir. Soekarno
3.      Pembukaan UUD
4.      Dokuritsu Junbi Cosakai
5.      azas dasar Negara kebangsaan Indonesia
6.      lima
7.      piagam Jakarta / Jakarta Charter
8.      14 Agustus 1945
9.      mempertahankan
10. menghargai para pahlawannya.

                                                                                           Sobang, 14 Oktober 2009

Mengetahui,                                                                              
Kepala Sekolah                                                                Guru Pratikan




Haryanto                                                                           Ruyati Warnasari
NIP. 195109271978031001                                               NIM. 0709915










Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 Nama Sekolah                    : SDN Pangkalan 6
Mata Pelajaran                   : IPS
Kompetensi Dasar             : 2.4. Menghargai jasa dan peranan tokoh  perjuangan dalam mempertahankan   kemerdekaan Indonesia

Kelas / Semester               : V / 1
W a k t u                             : 2 X 35 menit.

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui model pembelajaran TGT, siswa dapat menceritakan peranan tokoh dalam mempertahankan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan benar.
2.      Melalui model pembelajaran TGT, siswa mampu menceritakan peristiwa dalam mempertahankan  proklamasi kemerdekaan.

B.  Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Materi Pelajaran
a.             Peranan tokoh dalam mempertahankan proklamasi kemerdekaan.
b.            Peristiwa pertempuran Surabaya, Bandung Lautan Api, Pertempuran Ambarawa, dan Pertempuran Medan Area.
2.      Model             :           Pembelajaran kooperatif teknik TGT.
3.      Alat dan Sumber        : LKS, buku paket, buku pelengkap.
4.      Langkah Kegiatan      :
a.             Kegiatan awal       : 5 menit
§        Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
§        Appersepsi dengan melakukan tanya jawab hasil dari pelajaran yang lalu.
§        Siswa dimotivasi untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan.
b.            Kegiatan inti     : 50 menit
§        Presentasi Kelas. Pada kegiatan ini guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan metode pembelajaran yang akan diterapkan, memotivasi siswa agar siap dengan pelajaran yang akan diajarkan, kemudian diikuti dengan penyajian informasi.
§        Kerja Tim. Setelah presentasi kelas, guru mengelompokkan siswa ke dalam tim-tim belajar. Tim tersusun dari empat siswa atau tidak boleh lebih dari 5.
§        Turnamen. Turnamen tersusun dari pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan konten yang dirancang untuk mengetes pengetahuan siswa yang diperoleh dari presentasi kelas dan kerja tim. Permainan dimainkan pada meja-meja yang berisi perwakilan tim dari setiap kelompok yang berkemampuan sama (misalnya meja 1 berisi siswa berkemampuan tinggi, meja 2 berisi siswa dengan kemampuan rata-rata, dan meja 3 siswa dengan kemampuan rendah). Guru berperan dalam menentukan siswa yang akan ditempatkan ke dalam setiap meja permainan dengan melihat hasil kinerja siswa yang telah lalu. Dalam mengumumkan penempatan meja kepada siswa, sebut meja itu misalnya dengan meja biru, hijau, dsb, dalam urutan acak sehingga siswa tidak akan mengetahui secara persis bagaimana meja-meja itu disusun peringkatnya. Permainan ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang diberi nomor dan disajikan pada lembar pertanyaan. Untuk memulai permainan, masing-masing siswa dalam sebuah meja turnamen mengambil sebuah kartu untuk menentukan pembaca pertama, yaitu siswa yang mengambil kartu dengan nomor tertinggi. Permainan berlangsung menurut arah jarum jam dari pembaca pertama.
§        Poin Individu. Setiap siswa dapat menyumbang poin maksimum kepada timnya dalam sistem penskoran.
§        Penghargaan Tim. Setelah setiap kuis terlaksana, guru mengumumkan skor perbaikan individual dan skor tim dan menghadiahkan  penghargaan kepada tim yang memperoleh skor tinggi dengan sebutan-sebutan tertentu.
c.            Kegiatan akhir   : 15 menit
§        Menutup pelajaran.
§        Mengerjakan evaluasi.
C.   Evaluasi
1.       Prosedur   : proses tes, dan tes akhir.
2.       Jenis tes    : Tulisan.
3.       Bentuk tes : isian.
4.       Soal tes     :
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar.
1.      Kedatangan Sekutu ke Indonesia diboncengi oleh ….
2.      Tujuan Sekutu dating ke Indonesia untuk melucuti tentara ….
3.      Brigadir Jendral Sekutu yang tewas dalam pertempuran Surabaya ialah .
4.      Tokoh yang membakar semangat arek-arek surabaya untuk terus maju ialah ….
5.      Tokoh TRI yang berperan dalam peristiwa Bandung Lautan Api ialah .
6.      TRI mengosongkan kota Bandung karena mematuhi ….
7.      Komandan Resimen Banyumas yang gugur dalam pertempuran Ambarawa ialah ….
8.      Yang memimpin pertempuran Ambarawa selama empat hari ialah ….
9.      Yang memelopori pembentukan barisan pemuda Indonesia ialah …..
10. Pertempuran medan Area berlangsung di kota ….
                                                                                         


                                                                                          Sobang, 15 Oktober 2009

Mengetahui,                                                                             
Kepala Sekolah                                                                            Guru Pratikan




Haryanto                                                                                        Ruyati Warnasari
NIP. 195109271978031001                                                         NIM. 0709915










Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah                   : SDN Pangkalan 6
Mata Pelajaran                 : IPS
Kompetensi Dasar           : Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.

Kelas / Semester             : 4/ 1
W a k t u                           : 3 X 35 menit. (1 kali pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
·                    Melalui pendekatan Pakem Siswa mampu menyebutkan sumber daya alam yang terdapat di daerahnya.
·                    Melalui pendekatan Pakem Siswa mampu pentingnya sumber daya alam untuk kepentingan manusia.
·                    Melalui pendekatan Pakem Siswa mampu menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di daerahnya.

Kegiatan Belajar Megajar
a.   Materi Pelajaran        :
1)           Sumberdaya alam meliputi sumber daya laut, pantai, sungai, pertanian, perkebunan.
2)           Beberapa nama pantai yang ada di provinsi Banten: pantai karang bolong, Salira Indah, pantai Matahari, Pantai Carita. Beberapa nama laut yang ada di Provinsi Banten: Laut Jawa, Teluk Banten, Samudra Indonesia, Teluk Pontang, Bojonegara, Selat Sunda.
3)           Beberapa pemanfaatan sumber daya alam :
a.       Pantai dapat dijadikan sebagai tempat wisata, olahraga, hiburan.
b.      Laut dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengambil ikan bagi para nelayan, penyeberangan antar pulau, olahraga, wisata, dan penelitian ilmuwan. Di laut tumbuh terumbu karang, yaitu bangunan ribuan karang yang merupakan tempat hidup, berkembang biak, pertumbuhan, berlindung dari pemangsa serta tempat mencari makan berbagai ikan dan makhluk hidup lainnya. Banyak manfaat terumbu karang.
·              Terumbu karang melindungi pantai dari ombak.
·              Di terumbu karang, ikan dapat berkembang biak.
·              Terumbu karang menyediakan makanan, tempat tinggal, dan perlindungan bagi hewan laut.
·              Sebagai salah satu sumber obat-obatan untuk berbagai macam penyakit.
c.      Sungai dapat dimanfatkan untuk diambil ikannya, pasir, dn sebagai penyeberangan.
d.      Pertanian merupakan sumber daya alam yang mampu menyediakan sumber bahan makanan bagi manusia dan makhluk lainnya. Beberapa hasil pertanian misalnya beras, jagung, gandum, kedelai dan sebagainya.
e.      Hasil perkebunan misalnya tebu, karet, teh dan sebagainya.
f.       Hasil hutan misalnya, kayu sebagai bahan banguan dan perabot rumah tangga, getah damar sebagai bahan pembuat kaca, getah karet sebagai bahan pembuat berbagai keperluan industri, misalnya ban mobil.
4)           Sumber daya alam mengandung nilai ekonomi seperti hasil bumi, pertanian, perkebunan, hasil sungai, hasil laut, dan pemanfaatannya.
 b.  Alat dan sumber            : Kurikulum, buku paket, buku pelengkap, contoh-contoh atau gambar-gambar.
c.  Metode                           : Ceramah, tanya jawab, pengamatan, penugasan.
d. Langkah-langkah kegiatan.
      1)    Kegiatan awal.
§              Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
§              Apersepsi dengan melakukan tanya jawab tentang berbagai sumber daya alam.
§              Siswa dimotivasi untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan  dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.

      2)    Kegiatan Inti.
§        Tanya jawab sebagai orientasi tentang berbagai sumber daya alam. Beberapa nama tempat sumber daya alam yang terdapat di provinsi Banten
§        Dibentuk kelompok belajar siswa.
§        Ekplorasi. Siswa mendaftar jenis-jenis sumber daya alam, hasil, dan manfaat dengan tabel berikut:


No
Sumber Daya alam
Hasil Sumber daya alam
Manfaat
1
Laut
Ikan, garam
Sumber protein, mineral. Laut dapat dimanfaatkan untuk usaha para nelayan, penyeberangan antar pulau, olahraga, wisata, dan penelitian ilmuwan.
Di laut tumbuh terumbu karang
2
Pantai


3
Sungai


4
Pertanian


5
Perkebunan


6
Peternakan


7
Hutan



§        Siswa mencari informasi untuk mengisi daftar di atas, membaca buku, ke ruang perpustakaan, berdiskusi dengan teman, atau bertanya kepada nara sumber lain.
§        Siswa menyampaikan laporan hasil kerja secara berkelompok.
§        Pembinaan nilai agar siswa mampu menghargai semua jenis sumber daya alam.
3)  Kegiatan akhir            :
§        Evaluasi
§        Menutup pelajaran.
§        Memberi saran.
Evaluasi
  1.  Prosedur   : Pos tes.
  2.  Jenis tes    : Tulisan.
  3.  Bentuk tes : Pilihan Ganda
  4.  Soal tes     :
  1. Selat yang ada di Pulo Merak sebagai pelabuhan penyeberangan dari Jawa ke Sumatera adalah selat....
a. Sunda                                              c. Carita
b. karimata                                          d. karangantu
  1. Berikut ini nama pantai yang tidak berada di provinsi Banten.
a. pantai labuhan                                 c. Pantai salira indah
b. pantai carita                                    d. Pantai sanur
  1. Berikut ini  yang tidak termasuk sumber daya alam sebagai sumber ekonomi adalah :
b.      Hasil hutan                                   c.     Terumbu karang
c.      Hasil laut                                      d.     Jasa angkutan kota
  1. Pemerintah melarang penggundulan hutan, karena hutan yang gundul dapat menimbulkan ....
a. jalanan licin                                    c. Hewan berpindah tempat
b. erosi dan banjir                              d. Langkanya kayu sebagai
    bahan bangunan
  1. Beberapa tempat di Banten sering terjadi kebanjiran. Salah satu penyebabnya adalah aliran sungai tidak dapat menampung air. Maka sungai harus dijaga. Berikut adalah cara menjaga sungai:
a. Membuang sampah ke sungai      
b. mengeruk pasir sebanyak-banyaknya
c. Membuat cabang anak sungai
d. Membersihkan sungai dari sampah yang menyumbat aliran air.
  1. Pemerintah menggalakan peningkatan hasil pertanian, karena pertanian merupakan ....
a. ciri khas mata pencaharian penduduk Indonesia.
b. sumber energi utama bagi makhlukhidup.
c. sedikit orang yang mau jadi petani.
d. penyedia sumber bahan makanan bagi manusia.
  1. Di daerah pedalaman, sungai dapat dimanfaatkan sebagai . . .
a. tempat rekreasi                              c. Tempat transfortasi
b. tempat wisata                                 d. Tempat berenang
  1. Berikut ini yang bukan manfaat terumbu karang  . . . .
a.       Terumbu karang melindungi pantai dari ombak.
b.      Di terumbu karang, ikan dapat berkembang biak.
c.      Terumbu karang menyediakan makanan, tempat tinggal, dan perlindungan bagi manusia.
d.      Sebagai salah satu sumber obat-obatan untuk berbagai macam penyakit.
  1. Sumber daya alam yang dihasilkan dari laut adalah . . . .
a. Ikan dan air                         c. ikan dan garam      
b. ikan asin dan ikan tawar                 d. tempat wisata dan olahraga

10)   Berikut ini yang bukan pemanfatan hasil hutan sebagai sumber ekonomi.
a. menghasilkan kayu untuk membuat perabot rumah tangga
b. menghasilkan rotan untuk berbagai keperluan rumah tangga.
c. karet dapat dibuat ban kendaraa bermotor
d. jika tidak dijaga dapat menimbulkan bahaya banjir.
Kunci Jawaban:
1. a                              6. d
2. d                              7. c
3. d                              8. c
4. b                              9. c
5. d                           10.  d

Sobang, 10 September 2009

Mengetahui,                                                                           
Kepala Sekolah                                                             Guru Pratikan




Haryanto                                                                        Ruyati Warnasari
NIP. 195109271978031001                                       NIM. 0709915








Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah         : SDN Pangkalan 6
Mata Pelajaran           : IPS
Pokok Bahasan          : 4.2 perhubungan dan komunikasi.
Kelas / Semester       : 4 / 1
W a k t u                     : 2 X 35 menit.

A.                 Tujuan Pembelajaran
1.                  Melalui cooperative learning, siswa mampu mengidentifikasikan contoh-contoh alat perhubungan yang biasa digunakan masyarakat.
2.                  Melalui cooperative learning, siswa mampu mengelompokan jenis-jenis perhubungan.
3.                  Melalui cooperative learning siswa mampu menjelaskan manfaat angkutan bagi kehidupan manusia.
B.                Kegiatan Belajar Mengajar
1.            Materi Pelajaran
a.             Contoh-contoh alat perhubungan.
b.            Macam-macam alat angkutan.
c.            manfaat angkutan
2.            Model                :   Cooperative learning (presentasi kelas, kuis,
                                        kerja tim).
3.            Alat dan Sumber   : LKS, buku paket, buku pelengkap, kuisioner.
4.            Langkah Kegiatan :
a.       Kegiatan awal       : 5 menit
Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
Appersepsi dengan melakukan tanya jawab tentang energi.
Siswa dimotivasi untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan  dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan inti        : 40 menit
1.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan metode pembelajaran yang akan diterapkan, memotivasi siswa agar siap dengan pelajaran yang akan diajarkan, kemudian diikuti dengan penyajian informasi tentang perhubungan, jenis-jenisnya, dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.
2.        Siswa dikelompokkan ke dalam tim-tim belajar. Tim tersusun dari empat siswa atau tidak boleh lebih dari 5.
3.        Siswa di dalam kelompoknya membaca materi sampai memahaminya.
4.       Membentuk turnamen. Turnamen tersusun dari pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan konten yang dirancang untuk mengetes pemahaman siswa yang diperoleh dari presentasi kelompok dan kerja tim.
5.       Guru menghargai tim yang menang. Penghargaan Tim dilakukan setelah usai turnamen.
c.   Kegiatan akhir    : 15 menit
1.      Menutup pelajaran.
2.      Memberi evaluasi
3.      Memberi saran.
C.                Evaluasi
§         Prosedur   : proses tes, dan tes akhir.
§         Jenis tes    : Tulisan.
§         Bentuk tes : Essay.
§         Soal tes     :
Pilihlah salah satu jawabaan yang paling benar.
1.  Berikut di bawah ini adalah contoh alat perhubungan.
a. beca                                       c. radio
b. televisi                                  d. setrika
2.  Berikut ini yang termasuk alat angkutan perhubungan darat.
a. kapal fery                              c. angkot
b. perahu                                   d. sampan
3.  Berikut ini yang termasuk alat angkutan pedesaan.
a. angkot                                   c. gerobak
b. bus                                        d. kereta api
4.  Angkutan penumpang yang dapat bergerak di berbagai jalur lalu lintas.
a. kereta api                              c. Pesawat udara
b. taxi                                        d. angkot
5.  Perusahaan angkutan kereta api di sebut…
a. PJKA                                                c. Perumka
b. PT. KAI                                d. GIA
6.  Maskapai penerbangan Indonesia adalah:

a. GIA                                       c. Merpati
b. Airlines                                d. Adam Air
7.  Diantara alat angkutan berikut yang dapat mengangkut penumpang lebih banyak adalah :
a. Bus                                        c. Taxi
b. Busway                                 d. Kereta api
8.  Pak Hendra orang Serang akan menyeberang ke Sumatera. Pak Hendra akan naik kapal ferry. Pak Hendra pergi ke Pelabuhan….
a. Bakauhuni                             c. Tanjung Perak
b. Bojonegara                           d. Merak
9.  Bandar Udara Internasional yang terdapat di Provinsi Banten adalah:
a. Hasanudin                             c. Husen Sastranegara
b. Soekarno-Hatta                    d. Halim perdanakusuma
10.    Manfaat alat perhubungan bagi kehidupan manusia adalah :
a. Menambah kekayaan                         c.  Memudahkan pekerjaan
b. Memperpendek jarak dan waktu      d.  Mengangkut barang
Kunci Jawaban :
1.      a
2.      c
3.      c
4.      b
5.      b
6.      a
7.      d
8.      d
9.      b
10. b
                                                                                       Sobang, 29 September 2009

Mengetahui,                                                                             
Kepala Sekolah                                                            Guru Pratikan


Haryanto                                                                       Ruyati Warnasari
NIP. 195109271978031001                                       NIM. 0709915
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah                  : SDN Pangkalan 6
Mata Pelajaran                 : IPS
Kompetensi Dasar           : Memahami Jenis Pekerjaan dan Penggunaan uang.

Kelas / Semester             : 3/ 1
W a k t u                           : 3 X 35 menit. (1 kali pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
·              Melalui penerapan teknik pembelajaran kooperatif teknik  jigsaw siswa dapat menyebutkaan jenis-jenis pekerjaan.
·              Melalui penerapan teknik pembelajaran kooperatif teknik  jigsaw siswa dapat mendeskripsikaan pentingnya semangat kerja.
Kegiatan Belajar Megajar
·        Materi Pelajaran :
§        Mengenal jenis-jenis pekerjaan.
§        Memahami pentingnya semangat kerja.
·        Alat dan sumber         : Kurikulum, buku paket, buku pelengkap, gambar-  
  gambar.
·        Metode                       : Ceramah, tanya jawab, pengamatan.
·        Langkah-langkah kegiatan.
·        Kegiatan awal.
·        Mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
·        Apersepsi dengan melakukan tanya jawab tentang pekerjaan orang tua murid.
·        Siswa dimotivasi untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan  dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·        Kegiatan Inti.
·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan metode pembelajaran yang akan diterapkan, memotivasi siswa agar siap dengan pelajaran yang akan diajarkan, kemudian diikuti dengan penyajian informasi tentang jenis pekerjaan. 
·        Siswa dikelompokkan ke dalam tim-tim belajar. Tim tersusun dari empat orang siswa.
·        Siswa di dalam kelompoknya diberi teks bacaan yang berisi materi pelajaran yang dibagi ke dalam empat bagian. Setiap siswa mendapat satu bagian, sehingga terdapat materi 1, 2, 3, dan 4.
·        Siswa yang mendapat materi nomor 1 berkumpul dengan siswa nomor 1 dari masing-masing kelompok. Demikian juga siswa yang bernomor 2. mereka memantapkan materi bersama sebagai tim ahli.  
·         Siswa kembali pada kelompoknya. Secara bergantian siswa mengajarkan materi kepada tiga orang teman dalam kelompoknya.
·         Secara klasikal siswa mendiskusikan materi 1 sampai dengan 4 dibimbing oleh guru. 
·        Siswa mengerjakan soal-soal kuis. Soal tersusun dari pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan konten yang dirancang untuk mengetes pemahaman siswa yang diperoleh dari presentasi kerja tim.
·        Pekerjaan siswa ditukar dengan siswa lain utuk penilaian. Nilai-nilai siswa digabungkan dalam satu kelompok. 
·         Guru menghargai tim yang memperoleh nilai tertinggi.
·        Kegiatan akhir :
§        Menutup pelajaran.
§        Memberi saran.
Evaluasi
·         Prosedur   : Proses tes.
·         Jenis tes    : tulisan.
·         Bentuk tes : Pilihan Ganda
·         Soal tes     :
Pilihlah salah satu jawaban yang kau anggap paling benar.
1.      Setiap hari Pak Darya bekerja di sawah. Pekerjaan Pak Darya sebagai ....
a. Petani                                              c. Pedagang
b. Nelayan                                          d. Buruh
2.      Pak Aceng bekerja mengantarkan barang dan orang dari satu tempat ke tempat lain dengan mobil angkot. Berarti pekerjaan Pak Aceng  . . . .
a.             Buruh                                         c.     Wirausaha         
b.            Jasa                                            d.     Sopir
3.      Tugas seorang pedagang yaitu . . . barang kebutuhan
a.             Membuat                                   c.     menjual
b.            Meyediakan                               d.   mengkonsumsi
4.      Agar mendapatkan hasil, orang dalam bekerja harus . . .
a. tenang                                             c. cepat
b. santai                                              d. semangat
5.      Sikap yang harus dimiliki seorang pekerja . . .
a.             Mencari untung             c.     mencari uang
b.            Ulet dan sabar                           d.     hemat
6.      Orang yang menjual barang-barang kebutuhn manusia disebut  . .
a.             wiraswasta                                 c.   pengusaha
b.            pedagang                                    d.    Pembeli
7.      Modal  yang paling utama bagi seorang pekerja adalah:
a.             uang                                           c.   keahlian
b.            tanah                                          d.    barang dagangan
8.      Semua jenis pekerjaan adalah mulya. Pekerjaan apakah yang tidak mulya ?
a.              Petugas kebersihan                  c.   Pemulung
b.            Pencuri                                      d.   tukang cuci
9.      Setiap orang yang bekerja akan mendapatkan ....

a.             Upah                                          c.   Penghargaan
b.            Uang                                          d.   keuntungan
10. Agar dapat bekerja dengan semangat, seorang pekerja harus dapat membagi waktu untuk ....
a.             Bekerja terus                            c. belajar
b.            Mendapat cuti                           d. istirahat
Kunci Jawaban:
1. a                             
2. d                             
3. c                             
4. d                             
5. b
6. b
7. c
8. b
9. a
10. d
                                                                                    Sobang, 3 September 2009

Mengetahui,                                                                             
Kepala Sekolah                                                         Guru Pratikan




Haryanto                                                                   Ruyati Warnasari
NIP. 195109271978031001                                   NIM. 0709915

            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SDN Pangkalan 6
Mata Pelajaran         : IPS
K elas/Semester      : VI/1
Alokasi Waktu         : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi
Kemampuan memahami : 1 peran masyarakat sebagai potensi bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan;
Kompetensi Dasar
Kemampuan menganalisis bentuk-bentuk perilaku yang muncul sebagai dampak globalisasi
A. Tujuan Pembelajaran
·        Siswa dapat menganalisis bentuk-bentuk perilaku yang muncul sebagai dampak globalisasi
B. Materi Pembelajaran
     Dampak Globalisasi
>Globalisasi adalah cara pandang atau proses masuk ke ruang lingkup yang mendunia.
>Era globalisasi merupakan era terbentuknya tata kehidupan baru yang lebih baik. Era globalisasi terjadi karena berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
>Perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi dapat diamati melalui gaya hidup, makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai dan tradisi.
C. Metoda Pembelajaran
     ,Diskusi, Tanyajawab, penugasan , ceramah
D. Media dan sumber Pembelajaran
·        Buku IPs Kelas VI SD ,Penerbit Cempaka Putih,
Buku Horizon Pengetahuan Sosial 6A, Kelas VI, Penerbit Yudistira
E. Langkah-langkah pembelajaran
     1. Kegiatan Awal 
·        Siswa diminta mengamati gambar kemudian ajukan pertanyaan
1. Apakah ada perubahan perilaku pada masyarakat yang ditunjukkan gambar tersebut?
2. Akibat dari apakah perubahan tersebut?
    2. Kegiatan Inti
·        Siswa menyimak penjelasan singkat tentang pengertian globalisasi, kemudian ajukan pertanyaan kapan globalisasi bergulir pertama kali?
·        Siswa mengamati gambar telpon, Hp dan internet ajukan pertanyaan. Siapa yang tahu benda-benda dalm gambar tersebut?
·        Siswa diberi tugas untuk membuat uraian singkat tentang telepon atau internet dalam hubungannya dengan globalisasi
·        Siswa diberi pertanyaan untuk menyebutkan contoh-contoh benda yang masuk ke Indonesia dari luar negeri akibat dampak dari globalisasi
·        Siswa dibentuk kelompok untuk berdiskusi untuk membahas permasalahan tentang bentuk-bentuk perubahan perilaku masyarakat
·        Siswa diminta untuk melaporkan hasil diskusi dan dibahas secara bersama-sama
·        Siswa diberitugas untuk menyebutkan dampak perubahan positif dan dampak perubahan negatif  di isi dalam tabel
No
Dampak perubahan positif
Dampak perubahan negatif
1


2


3


4


3. Kegiatan Akhir
·        Guru memberikan informasi cara menanamkan moral dalam menghadapai globalisasi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat
·        Siswa mencatat materi pelajaran
·        Siswa menyelesaikan tes evaluasi
F. Evaluasi
·        Teknik Tes      : Tertulis
·        Bentuk Tes     : essay
·        Instrumen Tes :
Isilah titik-titik berikut dengan tepat!
1.      Globalisasi adalah cara pandang masuk ke ruang lingkup yang...
2.      Era globalisasi terjadi karena berkembangnya ....
3.      Setiap orang dengan mudah memperoleh informasi dari seluruh dunia dengan menggunakan...
4.      Tujuan warga dunia pada era globalisasi adalah meningkatkan ...dan memberantas...

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!
1.      Globalisasi mempengaruhi gaya hidup masyarakat seperti...
a. menghargai waktu                          c. membuang waktu
b. meluangkan waktu                                     d. menyia-nyiakan waktu
2.      Perubahan perilaku masyarakat pada era globalisasi contohnya dalam hal...
a. gaya berpakaian                                          c. berpakaian seenaknya
b. berpakaian seragam                                   d. berpakaian adat
3.      Perubahan tradisi masyarakat  akibat globalisasi bergeser menjadi...
a. lebih bebas                                                 c. lebih rasional        
b. lebih kaku                                                   d. lebih kuno
      Kunci Jawaban
1.      Mendunia
2.      IPTEK
3.      Internet
4.      Kesejahteraan dan kemiskinan
PG.
1.      a Menghargai waktu       2a Gaya berpakaian        3. c lebih rasional
                                                                                       Sobang, 21 Oktober 2009
Mengetahui,                                                                             
Kepala Sekolah                                                            Guru Pratikan

Haryanto                                                                         Ruyati Warnasari
NIP. 195109271978031001                                         NIM. 0709915

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Keanggotaan Rp. 300.000,-
Suport System

Bonus Sponsor : Rp. 100.000,-
Bonus Grup : Rp. 30.000,-
Untuk 1 grup : 10 anggota
Bonus Anda : Rp. 100.000 + (10 x Rp. 30.000) = Rp. 400.000,-