Halaman

adnet

  • buku

Selasa, 08 Februari 2011

RPP Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DENGAN PENDEKATAN PAKEM

Sekolah Dasar                        : Beberan 2
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas                                       : IV (empat)
Semester                                : II (dua)
Standar Kompetenesi            : 6. Menggunakan pecahan dalam
      pemecahan masalah
Kompetensi Dasar                 : 6.5   Menyelesaikan masalah yang
          berkaitan dengan pecahan
Indikator                                  :  - Mengubah 1 ke dalam bentuk pecahan
   - mengurangkan pecahan
Alokasi Waktu                         : 1 x 35 menit.
A.         Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan contoh peragaan media pembelajaran, siswa memiliki kemampuan mengubah bilangan 1 ke dalam bentuk pecahan dengan cara cepat.
2.    Dengan contoh peragaan media pembelajaran, siswa memiliki kemampuan menentukan nilai hasil pengurangan pecahan dengan cara cepat.
B.         Materi Pembelajaran
1.    Bilangan 1=  = = = ...
2.    Pengurangan Pecahan dengan model 1-  =  - =
C.         Sumber Belajar
1.    SK/KD Matematika SD/MI kurikulum 2006
2.    PP no. 41 tahun 2007 ttg Model-model Pembelajaran.
3.    Buku Murid Matematika kelas  4 SD karangan Tim Bina Karya. Erlangga
D.         Metode Pembelajaran
1.    Pemecahan masalah
2.    Peragaan
3.    Tanya jawab.
E.         Media Pembelajaran
1.    Kotak ajaib
2.    Kartu soal
3.     botol Air mineral
F.          Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal  5 menit
1.          Menyiapkan alat/ media pembelajaran
2.          Menyiapkan peserta didik secara fisik maupun mental.
3.          Menanyakan materi pelajaran yang telah dikuasai peserta didik terutama mengenai pengurangan pecahan.
4.          Menyampaikan tujuan pembelajaran termasuk kegiatan yang akan dilakukan peserta didik dalam mempelajari konsep pemecahan masalah yang berkenaan dengan pecahan menggunakan media kotak ajaib.
5.          Memberi motivasi belajar kepada peserta didik dengan cara meyakinkan bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.
6.          memusatkan perhatian peserta didik dengan cara memamerkan kehandalan media kotak ajaib yang dapat membantu menjawab permasalahan matematika.
Kegiatan Inti:  25 menit.
Tahap Ekplorasi meliputi kegiatan:
1.          Guru bercerita bahwa telah membeli sebotol minuman, dan telah meminumnya setengahnya. Berapa air yang tersisa?
2.          Guru memulai pelajaran dengan menyajikan masalah matematika                                          dan memberi tantangan kepada peserta didik yang dapat menjawab cara menuliskan cerita di atas dengan cara matematika.
3.          Guru memberikan acuan penyelesaian masalah Matematika dengan cara mengajak peserta didik untuk berpikir sederhana.
4.          Peserta didik mengekplorasi tahapan penyelesaian masalah dengan cara meminta bantuan kepada kotak ajaib, yaitu pertama siswa mengajukan pertanyaan yang sama seperti di atas kepada kotak ajaib melalui kartu soal. Agar peserta didik merasa senang dalam belajar, kotak ajaib dapat memainkan jawaban siswa. Misalnya diberikan kartu jawaban yang kosong sehingga dianggap kotak ajaib tidak bisa menjawab. Kedua kotak ajaib dapat memberi jawaban “Belajarlah dengan tekun.” Ketiga “Berpikirlah sederhana.” Keempat “ubahlah bilangan 1 menjadi pecahan dimana pembilang dan penyebutnya sama dengan penyebut pecahan pengurangnya.” Misal 1-  diubah menjadi  - .
Tahap Elaborasi
5.    Peserta  didik difasilitasi untuk mengelaborasi dengan menggunakan kotak ajaib dalam menyelesaikan soal seperti  1-= Demikian seterusnya sehingga siswa dapat menentukan hasil pengurangan yang lain dengan cepat. Ini dapat dilakukan dengan cara beberapa siswa diberi kartu soal serupa pada angka yang lain dan menjawab, kemudian memasukkannya ke dalam kotak ajaib sehingga kotak ajaib mengeluarkan jawaban. Kegiatan ini dapat dilakukan siswa secara sendiri atau berkolaborasi dengan siswa lain.
Tahap Konfirmasi
6.          Peserta didik dicoba untuk menyelesaikan soal yang lain dengan jenis yang serupa tanpa bantuan kotak ajaib.
7.          Peserta didik mengerjakan soal evaluasi.
8.          Penilaian.
9.          Pemberian penguatan/ reinforcement bagi peserta didik sesuai dengan nilai yang diperolehnya.
Kegiatan Akhir 5 menit.
1.          Peserta didik diajak untuk merefleksi diri terhadap proses belajar dan hasil belajar yang dicapai.
2.          Peserta didik diberi saran untuk pembelajaran berikutnya.
3.          Penutup.
G.        Evaluasi
Prosedur     : tes akhir
Jenis tes    : tertulis
Bentuk tes : Essay
Soal Tes    : Kerjakanlah dengan cepat
a.           1-= ....
b.          1-=  ....
c.           1-= ....
d.          1-= ....
e.          1- = ....
Kunci jawaban :
a.
b.
c.
d.
e.
Skor :
Tiap item soal yang dijawab dengan benar diberi skor 1. Jumlah skor ideal 5.
                   Skor yang diperoleh
Nilai --------------------------------------- x 100
                             5

Beberan 19 Maret 2010
Kepala Sekolah                                                  Guru,


Fuad Lutfi, S.PdI                                               A. Hujaeni, S.Pd.
Nip.195301291980111001                               Nip.131891584

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keanggotaan Rp. 300.000,-
Suport System

Bonus Sponsor : Rp. 100.000,-
Bonus Grup : Rp. 30.000,-
Untuk 1 grup : 10 anggota
Bonus Anda : Rp. 100.000 + (10 x Rp. 30.000) = Rp. 400.000,-