A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban yang disediakan.
1. | Ilmu yang mempelajari fungsi bunyi bahasa dalam penuturan pemakai bahasa adalah .... | |
| a. | fonologi |
| b. | fonem |
| c. d. | fonemik fonetik |
2. . | Kata ladang terdiri dari.... | |
| a. | Empat fonem, yaitu /l/,/a/,/d/,/ŋ/ |
| b. | Lima fonem, yaitu /l/,/a/,/d/,/n/,/g/ |
| c. d. | lima fonem, yaitu /l/,/a/,/d/,/a/,/ŋ/ lima grafem, yaitu /l/,/a/,/d//a/,,/ŋ/ |
3. . | Berikut adalah contoh diftong. | |
| a. | Namai, gulai, sangrai. |
| b. | Main, cerai, amboi. |
| c. d. | Ramai, cukai, pantai Gulai, sepoi, harimau. |
4. | Gugus konsonan terdapat pada kata .... | |
| a. | prajurit |
| b. | abnormal |
| c. d. | puskesmas tempat |
5. 2. | Gabungan dua morfem terikat atau lebih secara bersamaan membentuk kesatuan arti pada sebuah morfem bebas disebut.... | |
| a. | prefiks |
| b. | infiks |
| c. d. | Sufiks Konfiks |
6. 2. | Sejumlah wartawan segera mencatat tiga orang meninggal, tujuh luka parah, beberapa orang luka ringan dan banyak yang pingsan dalam dua ledakan bom di jakarta. Pada kalimat di atas terdapat kata bilangan tak tentu, yaitu .... | |
| a. | Tiga, tujuh. |
| b. | Sejumlah, banyak. |
| c. d. | Dua, tiga, tujuh. Sejumlah, beberapa, banyak. |
7. 2. | Pemerintah tidak lagi mensuplai minyak tanah untuk rumah tangga. Pemerintah akan mengkonversi penggunaan minyak tanah ke gas. Pemerintah akan mendata dan memproses setiap kepala keluarga untuk mendapat tabung gas secara gratis. Masyarakat diminta untuk tidak mengaitkan kebijakan ini dengan pemilu yang akan dilaksanakan tahun ini. Pada paragraf di atas, terdapat pembentukan kata yang tidak tepat, yaitu pada kata.... | |
| a. | Mensuplai, mengkonversi, mendata, memproses. |
| b. | Mensuplai, mengkonversi, mendata, mengaitkan. |
| c. d. | Mensuplai, mengkonversi, memproses. Mensuplai, mengkonversi, mendata, memproses, mengaitkan. |
8. 2. | Bupati memberikan SK lebih cepat bagi pegawai berprestasi di kantornya. Dimana bupati memberikan SK? | |
| a. | Di kantornya |
| b. | Di kantor bupati |
| c. d. | Di kantor pegawai Di kantor bupati dan di kantor pegawai. |
9. 2. | Andika menangis ingin dibelikan mobil-mobilan. Kalimat yang mengandung kata ulang berfungsi sama dengan kalimat di atas adalah. | |
| a. | Pembanguna rumah ini pada tahap pemasangan kuda-kuda. |
| b. | Kuda-kudaan di depan rumah sudah rusak. |
| c. d. | Di sini jangan sok jago-jagoan. Adik menangis ingin dibelikan celengan jago. |
10. 2. | “Kalimat merupakan suatu bentuk bahasa yang menyusun dan menuangkan gagasan-gagasan seseorang secara terbuka untuk dikomunikasikan kepada orang lain.” Pengertian kalimat di atas menurut.... | |
| a. | Gorys Keraf |
| b. | Supriyadi |
| c. d. | M. Ramlan. Suparno dan Yunus |
11. 2. | Dua orang mahasiswa sedang membaca buku baru di perpustakaan. Kalimat di atas terdiri dari: | |
| a. | Dua klause empat frase |
| b. | Satu klause sembilan frase |
| c. d. | Sembilan frase Satu klause |
12. 2. | Paman datang ketika pesta pernikahan keponakannya. Kalimat di atas: | |
| a. | Kalimat tunggal. |
| b. | Kalimat majmuk dengan Paman datang (induk kalimat) Pesta keponakannya (anak kalimat) |
| c. d. | Kalimat majmuk setara hubungan sebab akibat. Kalimat majmuk dengan Paman datang (anak kalimat) Pesta keponakannya (induk kalimat) |
13. 2. | Guru sebagai masalah dalam pembelajaran sastra di SD yaitu.... | |
| a. | Kurangnya buku-buku sastra di SD |
| b. | Tidak ada mata pelajaran khusus mengenai sastra. |
| c. d. | Tidak disediakan waktu membaca sastra yang cukup. Kemampuan guru SD masih rendah terhadap sastra karena langkanya guru lulusan sarjana sastra. |
14. . | Porsi pembelajaran sastra di SD hendaknya banyak menekankan pada aspek: | |
| a. | Apresiasi karya sastra |
| b. | Ekpresi karya sastra. |
| c. d. | Teori sastra Membekali siswa untuk menjadi pengarang sastra. |
15. 2. | Unsur hakikat puisi berbeda dengan metode puisi, yaitu: | |
| a. | Tema, rasa, nada, amanat. |
| b. | Diksi,imaji,rima,bahasa figuratif. |
| c. d. | Tema, diksi, rima, gaya bahasa. Tema, amanat, sudut pandang, diksi, gaya. |
16. 2. | Empat puluh kau empat puluh ditubuhmu kembang berpaut pernah kumbang merajut merayu merah merekah rapuh dan luluh Pada bait puisi di atas, terdapat rima awal pada : | |
| a. | Empat puluh kau empat puluh |
| b. | kembang dan kumbang |
| c. d. | merayu merah merekah berpaut dan merajut |
17. 2. | Kalau aku makmur Kubeli Jakarta, kucelup jadi putih Kalau Jakarta tiba-tiba putih semua Mas di puncak monas : putih .... Air Ciliwung : putih .... Penggalan puisi di atas memilih kata putih sudah tepat karena.... | |
| a. | Putih adalah warna dasar |
| b. | Melambangkan kesucian karena Jakarta sudah penuh dosa |
| c. d. | Melambangkan kekalahan karena pengarang dalam kehidupan miskin Mas di puncak monas mengundang para penjahat untuk mengambilnya. |
18. 2. | Pemilihan bahan ajar karya sastra bagi anak usia SD hendaknya sesuai dengan psikologis anak. | |
| a. | Tingkat keterbacaan |
| b. | Tingkat kesesuaian |
| c. d. | Realistik Bahasanya mudah dipahami |
19. 2. | Tahap perkembangan sastra anak SD berada pada tahap: | |
| a. | pengkhayal |
| b. | romantis |
| c. d. | Pengkhayal dan romantis Romantis dan realistik |
20. . | Manfaat yang diperoleh dari membaca karya sastra adalah : | |
| a. | Memperoleh kenikmatan |
| b. | Mendapatkan pelajaran |
| c. d. | Mendidik nilai-nilai kehidupan Memperoreh kenikmatan, pelajaran dan mendidik nilai-nilai kehidupan |
21. . | Unsur-unsur cerita rekaan meliputi: | |
| a. | Tema, amanat, alur, point of view, penokohan, latar, gaya bahasa. |
| b. | Tema, amanat, tokoh, dialog, kostum. |
| c. d. | Pengenalan, konflik, klimak, penyelesaian. Penokohan, sudut pandang, pesan. |
22. . | Persamaan unsur intrinsik pada karya sastra puisi, cerita rekaan, dan drama terletak pada: | |
| a. | Tema dan amanat |
| b. | Alur dan tokoh |
| c. d. | Latar dan sudut pandang Gaya bahasa dan gaya penceritaan |
23. . | Perbedaan sikap pandangan pengarang cerita rekaan dan drama terletak pada: | |
| a. | Pengarang drama lebih leluasa mengembangkan cerita. |
| b. | Pengarang cerita rekaan menampilkan cerita melalui dialog tokoh-tokohnya. |
| c. d. | Cerita dalam drama harus dapat dipentaskan dalam panggung yang berukuran relatif sempit. Cerita dalam drama dituturkan melalui dialog dan akting/lakon pemerannya. |
24. . | Rias dalam pementasan drama berfungsi untuk.... | |
| a. | Mempercantik para pemeran tokoh cerita |
| b. | Memberi kesan jelek pada pemeran drama |
| c. d. | Membentuk karakter tokoh dalam cerita Memancarkan aura pemeran agar penonton terpesona. |
25. . | ”Aduh...!” Pekik sapi kesakitan. ”kenapa kau menggigit punukku?” ”lho? Aku kan sudah minta tolong kepadamu, bahwa aku sudah tertindih kayu selama dua hari, tidak makan dan tidak minum. Sekarang kau harus menolongku dari rasa haus dan lapar.” ”Dengan memakan dagingku?” ”Betul, sekaligus menghirup darahmu.” Pesan dari penggalan cerita di atas ialah: .... | |
| a. | Dalam hidup kita harus tolong menolong. |
| b. | Kita harus waspada terhadap orang yang berpura-pura minta tolong. |
| c. d. | Penjahat sekalipun sudah ditolong pasti akan kembali berbuat jahat. Kita harus berterima kasih kepada orang lain yang telah menolong. |
B. Essay.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas pada lembar jawaban yang disediakan.
26. Apa yang dimaksud dengan kalimat majmuk, jelaskan jenis-jenisnya.
27. Mengapa pembelajaran sastra di SD masih mengalami berbagai kendala. Jelaskan?
28. Jelaskan karkateristik drama dan perkembangannya di Indonesia.
29. Jelaskan unsur-unsur drama, cerita rekaan, dan puisi ?
30. Perhatikan puisi berikut :
Yojana
Yojana,
Laju perahuku melaju
Seiring angin angan turut melaut
Diterang bintang berkawan bulan.
Yojana,
Ajaklah aku
Jejak Bapak Plato di Pluto
Yojana,
Sampaikan salam
Kepada raja sulaeman
Yang gagah dan mewah
Yojana,
Ceritakan kepadaku
Tentang Romeo dan Yuliet
Bahagiakah di surga
atau mendengkur di kubur.
- Tuliskan rima yang terdapat pada puisi di atas.
- Jelaskan diksi pada puisi di atas seperti kata-kata (Laju, perahu, angin, angan, melaut, Diterang bintang berkawan bulan, Plato, Pluto, Raja Sulaeman, Romeo dan Yuliet, Bahagiakah, Surga, Mendengkur di kubur).
===========selamat bekerja===========
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Keanggotaan Rp. 300.000,-
Suport System
Bonus Sponsor : Rp. 100.000,-
Bonus Grup : Rp. 30.000,-
Untuk 1 grup : 10 anggota
Bonus Anda : Rp. 100.000 + (10 x Rp. 30.000) = Rp. 400.000,-